Project Manager (Softskill)
Fajar Surya Ramadhan (12111650)
Handa Ramadhan (13111179)
Ragil Bakti.P (15111755)
Wahyu Ramadhan (19111060)
M.Faisal Rabbani (14111814)
Project Manager
Definisi Project
Management
Secara tradisional Manajemen Proyek dilihat sebagai
perencanaan, penjadwalan dan pengendalian proyek untuk memenuhi tujuan proyek
tersebut.Memanajemeni proyek sangat berbeda dengan memanajemeni perusahaan yang
memproduksi barang konsumsi.Proyek mempunyai awal dan akhir yang jelas,
sedangkan perusahaan tersebut secara berkesinambungan berproduksi.
"Project Management is the application of a collection
of tools and techniques to direct the use of diverse resources towards the
accomplishment of a unique, complex, one-time task within time, cost and
quality constraints. Each task requires a particular mix of these tools,
techniques and structures to fit the task environtment and life-cycle of the
task." - Morris & Huogh, 1987.
Manajemen proyek adalah proses dimana tim bertujuan untuk
menghasilkan produk yang sesuai atau melebihi permintaan dari pemberi tugas di
dalam jangka waktu tertentu dan biasanya berada di dalam batasan sumber daya
tertentu. Manajemen terhadap suatu proyek, perlu.Ditentukan tujuan akhir proyek
secara tegas dan jelas. Diindentifikasi semua kegiatan yang dibutuhkan untuk
mencapai tujuan akhir tersebut. Dinyatakan dan ditentukan kaitannya dan
pembatasan-pembatasan diantara kegiatan-kegiatan tersebut termasuk
kaitan-kaitan serta pembatasan baik yang bersifat teknis maupun organisatoris.
Diperhitungkan waktu dan biaya yang dibutuhkan untuk melaksanakannya sampai
proyek itu selesai. Mengadakan optimasi dalam pengalokasian penggunaan
sumberdaya. Diusahakan adanya fleksibilitas dalam pelaksanaan proyek.
Manajemen proyek
diadakan untuk selalu dapat memegang kendali terhadap proyek, sedemikian rupa
sehingga proyek Dapat diselesaikan dengan memenuhi kualitas yang sesuai dengan
spesifikasi yang ditentukan. Dapat diselenggarakan dalam batas (target) waktu
serta jadwal yang telah ditetapkan. Dapat diselesaikan dengan biaya yang
serendah-rendahnya (sesuai dengan Rencana Anggaran Pelaksanaan).
Project Manajer
Project Manager yang sukses adalah seseorang yang secara
simultan harus mampu mengelola empat elemen dasar dari sebuah proyek: sumber
daya, waktu, uang, dan yang perlu dipertimbangkan adalah faktor ruang lingkup.
Semua elemen ini saling terkait dan setiap komponen harus dikelola secara
efektif dan komprehensif
Faktor – faktor tersebut adalah :
• Sumber Daya/
Resources misal: Orang, peralatan, bahan
• Waktu/Timemisal : Tugas jangka waktu, dependensi
• Uang/Money Misal : Biaya, kontinjensi, keuntungan
• Lingkup/scoup Misal : Ukuran proyek, tujuan, persyaratan
Sebagian besar
literatur tentang manajemen proyek berbicara tentang kebutuhan untuk mengelola
dan menyeimbangkan tiga unsur: orang, waktu, dan uang. Namun, elemen keempat
adalah yang penting dan itu adalah tugas pertama dan terakhir bagi seorang
manajer proyek yang sukses.Pertama dan terpenting adalah harus mengatur ruang
lingkup proyek.
Ruang lingkup proyek adalah definisi proyek apa yang
seharusnya dicapai dan anggaran (waktu dan uang) yang telah dibuat untuk
mencapai tujuan tersebut. Hal ini mutlak penting bahwa setiap perubahan lingkup
proyek akan berpengaruh pada perubahan yang cocok dalam anggaran, baik waktu
atau sumber daya.
Sebagai contoh, jika lingkup proyek adalah untuk membangun
sebuah gedung untuk rumah dua lantai dengan anggaran sebesar 250 juta
rupiah.Manajer proyek diharapkan untuk melakukan itu.Namun, jika ruang lingkup
diubah ke suatu bangunan untuk satu lantai, manajer proyek harus mampu
melakukan perubahan yang tepat pada sumber daya yang dianggarkan.Sehingga tidak
mengganggu jalannya proyek.Di sinilah kemampuan menyesuaikan dengan sumber daya
yang ada oleh seorang manajer proyek dibutuhkan.Anda tidak dapat secara efektif
mengelola sumber daya, waktu dan uang dalam sebuah proyek kecuali jika tidak
secara aktif mengelola lingkup proyek.
Mengapa Project
Management Begitu Penting?
Pentingnya Project Management saat menjadikan topik ini yang
penting karena semua perusahaan, baik itu kecil atau besar, pada satu waktu
tertentu pasti ingin mengembangkan usaha baru.Usaha – usaha yang dilakukan
mungkin beragam, seperti, pengembangan produk atau jasa baru, pembentukan jalur
produksi baru di perusahaan manufaktur; kampanye promosi hubungan masyarakat;
atau program bangunan utama. Sementara pada tahun 1980-an cenderung kearah
kualitas dan tahun 1990 umumnya tentang globalisasi, sedangkan pada tahun 2000
adalah tentang kecepatan. Artinya, untuk selalu menjadi yang terdepan diantara
pesaing mereka, perusahaaan secara terus menerus dihadapkan dengan perkembangan
kompleks sebuah produk, layanan dan proses dengan sangat singkat waktu sebagai
jendela pasar yang dikombinasikan dengan kebutuhan untuk lintas fungsional
keahlian. Dalam skenario ini, Project Management menjadi alat yang sangat
penting dan kuat di tangan perusahaan yang memahami penggunaannya dan memiliki
kompetensi untuk menerapkannya.
Mengapa Project management begitu penting bagi
perusahaan?Tidak ada keraguan bahwa perusahaan saat ini menghadapi persaingan
yang lebih agresif daripada di masa lalu dan lingkungan bisnis yang mereka
jalani sangat bergejolak.Skenario ini telah meningkatkan kebutuhan untuk
akuntabilitas sebuah perusahaan untuk sektor swasta maupun publik, yang
mengarah atau lebih fokus lebih besar terhadap permintaan untuk efektivitas dan
efisiensi operasional.Efektivitas dan efisiensi dapat difasilitasi melalui
pengenalan praktik terbaik yang mampu mengoptimalkan pengelolaan sumber daya
perusahaan.Telah ditunjukkan bahwa operasi dan proyek yang berbeda dengan
setiap teknik membutuhkan manajemen yang berbeda. Oleh karena itu, dalam
lingkungan proyek, project managementsangatlah berguna. Berikut adalah dua
manfaatnya. Pertama dapat mendukung pencapaian proyek dan tujuan organisasi,
yang kedua adalah dapat memberikan jaminan yang lebih besar kepada stakeholder
bahwa sumber daya akan dikelola secara efektif.
Sebenarnya sejarah mencatat bahwa project management
bukanlah hal yang baru dalam dunia bisnis karena hal ini telah dipraktekan atau
di lakukan selama ribuan tahun oleh bangsa Mesir. Hal ini mulai diterapkan
kembali oleh perusahaan–perusahaan di pertengahan tahun 1950, mereka mulai
menerapkan berbagai hal mengenai project management secara formal da teknis
untuk proyek proyek yang kompleks.
Project management harus dipandang sebagai alat yang
membantu perusahaan untuk melaksanakan proyek-proyek yang ditunjuk secara
efektif dan efisien.Namun tentu saja penggunaan alat ini tidak secara otomatis
menjamin keberhasilan proyek.Penyebab kegagalan seperti tidak tepat waktu,
tidak sesuai anggaran dan kualitas kinerja yang diharapkan dapat diatasi dengan
penerapan praktek project management karena kegagalan untuk tidak tepat waktu,
tidak sesuai anggaran dan kualitas kinerja yang diharapkan tidak selalu berarti
bahwa proyek itu sendiri gagal.
Tugas dan Tanggung
Jawab Project Manager
Peran dari seorang Project Manager
Seorang project manager mempunyai tanggung jawab dan tugas
yang bermacam-macam, tidak hanya terfokus pada hal-hal yg teknis
sifatnya.Bagaimana layaknya seorang project manager harus mempunyai kemampuan
membuat tim proyek agar tetap solid, mampu memonitor dan mengontrol budget
dengan membuat bar chart & critical path serta mempunyai kemampuan analisis
resiko yang baik.
Berikut kita jabarkan peran dari seorang project manager
dari 3 sudut pandang :
1. Tanggung Jawab yang dimiliki seorang Project Manager
2. Tantangan yang akan dihadapi seorang Project Manager
3. Skill yang di butuhkan seorang Project Manager
Tanggung Jawab seorang Project Manager Tanggung Jawab
seorang Project Manager terdiri dari 4 (empat) cakupan antara lain :
1. Proyek
2. Organisasi
3. Tim Kerja
4. Project Manager itu sendiri
Setiap tanggung jawab mempunyai fokus dan peran yang sedikit
berbeda. Salah satu yang paling nyata adalah, tanggung jawab terhadap proyek,
Seorang Project Manager harus mengontrol proyek yang ditanganinya. Proyek harus
selesai sesuai dengan budget, sesuai dengan spesifikasi, dan waktu.Ke tiga
aspek itu harus dipenuhi oleh seorang Project Manager.
Seorang Project Manager juga mempunyai tanggung jawab
terhadap organisasi. Proyek yang ditangani harus mempunyai return yang nyata
terhadap organisasi. Taat kepada setiap kebijakan yang di keluarkan organisasi,
harus mengambil keputusan dengan wewenang yang terbatas dari organisasi, dan
juga kadang-kadang seorang Project Manager juga harus mengambil keputusan yang
bukan yang terbaik bagi poyek tetapi terbaik buat Organisasi.
Seorang Project Manager juga harus mempunyai tanggung jawab
tehadap tim kerja yang di pimpinnya. Memang tidak mudah tanggung jawab yang
harus di penuhi terhadap tim kerja. Seorang Project Manager harus memberikan
feedback dari hasil pekerjaan proyek jika diperlukan, memberikan perhargaan
terhadap anggota tim proyek yang mempunyai prestasi yang baik, dan tantangan
yang paling sulit adalah menyeimbangkan antara kepentingan anggota tim,
kepentingan tim, dan kepentingan proyek.
Tanggung jawab Project Manager yang terakhir adalah tanggung
jawab terhadap dirinya sendiri. Tanggung jawab ini tidak pernah di diskusikan
di setiap buku project management, tapi ini penting, khususnya jika kamu sudah
memilih project manager sebagai profesi yang kamu tekuni. Jika perusahaan
mendukung karir anda sebagai proyek manager, beruntung bagi anda, dan selamat
saya ucapkan !!.Jika tidak tentu ini menjadi masalah yang besar bagi anda.Skill
yang diperlukan bagi seorang Project ManagerUntuk melaksanakan tanggung jawab
yang telah dijabarkan diatas, seorang project manager perlu memiliki skill yang
bermacam-macam. Jadi skill dan kemampuan apa saja yang diperlukan bagi seorang
Poject Manager agar bisa menjalankan proyek secara efektif?.
Gary Heerken ( 2002) mengkategorikan skill & pengetahuan
yang diperlukan seorang Project Manager menjadi 4 (empat) kategori :
1. Project Management process skill
2. Interpersonal & behavioral skill
3.Technology management skill
4. Desire personal
traits
Project Management
Process skill
Skill Proses manajemen proyek, bisa di sebut hard skill
merupakan pengetahuan dan keahlian yang berhubungan dengan mekanisme dari
manajemen proyek.Seorang Project Manager harus bisa menguasai teknik, tools
manajemen proyek dan teknologi yang bisa diaplikasikan di proyek. Contohnya
seorang project manager harus bisa membuat work breakdown structure, membuat
network diagram, dan bisa mempersiapakan dokumen-dokumen yang diperlukan klien.
Interpersonal dan Behavioral skillMemimpin proyek berarti
mengatur dan menyelesaikan segala sesuatu melalui orang lain. Seorang Project
manager harus mempunyai Interpersonal & Behavioral skill yang baik, bisanya
disebut soft skill. Behavioral skill meliputi : gaya (style), Kelakuan pesonal
(personnal conduct), dan pendekatan (approach).
Technology Management SkillBanyak proyek yang melekat pada
yang namanya teknologi. Teknologi menuju kepada proses dari proyek. Sebagai
contoh, proses itu mencakup : pengembangan software, proses kimia, atau
konstruksi komersial. Kemampuan kita mengkoordinasi proses teknologi ini sangat
penting jika ingin menjadi seorang project manager. Beberapa skill manajemen
teknologi yang perlu dikuasai leh seorang Project Manager yaitu :
1. kemampuan dalam teknologi proyek
2. Kemampuan dalam mendukung teknologi area
3.Pengetahuan tentang industry
4.Kemampuan dalam mempersiapkan spesifikasi teknis secara
kompreshensif
5.kemampuan dalam disain
6. Pengetahuan produk
7. Pengetahuan tentang proses
8. Manajemen properti
Desired Personal Skill
Banyak studi yang meneliti korelasi antara ciri personal
project manager dengan kesuksesan project manager. Walaupun hasil studi juga
menunjukkan hasil yang berbeda, tetapi ada beberapa ciri yang dominan antara
lain :
1. Kejujuran dan integritas
2. Berpikir seperti seorang generalis
3.Toleransi terhadap sifat ambiguitas
4.Toleransi terhadap
ketidakpastian
5.Keyakinan yang tinggi
6.Tegas
7. Orientasi pada proses
8. Percaya diri/reflektif
9.Terbuka dan mudah
di akses
10. Cerdas
Peranan Manajer
Proyek
• Berperan
untuk mengintegrasikan beberapa kegiatan yang berbeda untuk mencapai tujuan
tertentu.
• Berperan juga
sebagai seorang komunikator. Dengan ini berarti manajer proyek menjadi tempat
terakhir menujunya laporan-laporan, memo, permintaan dan keluhan. Manajer
proyek juga mengambil input dari banyak sumber, mengolah dan menyampaikan
informasi ke beberapa pihak dan memastikan bahwa semua orang yang punya peran
dalam proyek mengetahui informasi mengenai kebijaksanaan, tujuan, anggaran,
jadwal kebutuhan, dan perubahan yang ada dalam proyek sesuai peran yang
dimiliki.
• Berperan
untuk mengambil keputusan yang menjadi wewenangnya, antara lain mengenai
realokasi sumber daya, mengubah lingkup proyek, menyeimbangkan kriteria biaya,
jadwal dan performansi.
• Merupakan
seorang enterpreuneur yang harus berusaha untuk melakukan pengadaan dana,
fasilitas dan orang agar proyek dapat berjalan.
• Merupakan
seorang agen pengubah yang mempelopori pemakaian ide yang baru dan inovatif dan
berusaha keras mengatasi halangan untuk melakukan perubahan.
Tanggung Jawab Umum
Dari pimpinan proyek
(General Responsibilities Of The prolectLeader)
Tujuan utama dari seorang pimpinan proyek adalah untuk
menghasilkanproduk yang berkualitas. Dimana mengingat PM berorientasi kepada
pihak luar sedangkan pimpinan proyek berorientasi kedalam proyek. Jika anda
seorang pimpinan proyek, anda mungkin harus memastikan bahwa produk itu dibuat
menurut spesifikasi rancangan dan tidak terlalur banyak masalah. Sehingga
mereka bertanggung jawab untuk memberikan raporan mengenai rencana dan program
yang ada kepada user, menajer tingkat atas dan kepada siapa saja yang
memerlukan. Semua informasi dari yang selalu berubah, keuangan, jadwal, orang
dan isu perusahaan atau semua hal yang mempengaruhi perusahaan harus
dikomunikasikan dengan PM yang akan menyampaikan kepada para anggota tim. PM
akan menggunakan segala informasi yang ada untuk menyelesaikan pekerjaan.
Spesifikasi Tanggung Jawab Dari pimpinan proyek (PL) Dalam
Setiap Fase
(Specific Responsibilities of The PL In Each phase)
1. Definisi (Definition)
Seorang pimpinan proyek akan melakukan sebagian besa
rkegiatan dari rencana persiapan proyek, seperti level bawah dari WBS dan
melaksanakan perkiraan (atau kurang lebih mengawasi orang yang melakukan
perkiraan).
Jika ada para user harus memberikan keterangan teknik secara
rinci pada saat ini atau jika ada prototype yang terlibat, maka pimpinan proyek
akan menanganinya.
2. Analisis (Analysis)
Di dalam sebagian kecil pada pertengahan pengerjaan proyek
seorang pimpirran proyek merupakan koordinitor untuk menganalisa dan menulis
semua bagian teknis dari perincian fungsional, seperti perincianumum,
obyektivitas,persyaratan sistem dan gambaran rincian komponen.
3. Disain (Design)
Seorang pimpinan proyekadalah kepala dari suatu tim disain,
Mereka akan mengatur semua rancangan dan mempelajarinya, memberikan dan
kemungkinan tugas kepada para disainer dapat menanganinya besar disainnya,
khususnya pada tingkat sebagian yang lebih tinggi.
Pada tahap ini sama seperti pada tingkat pemrograman dan
sistem, yaitu ketika PM berada dibelakang layar, maka pimpinan proyek akan
menemui PM (yang baik per minggu) untuk melaporkan keadaan dari proyek.
Dimanaia seorang yang bertanggungjawab untuk berhubungan langsung dengan para
pekerja. Dia juga harus memberikan informasi tentang prodruk itu kepada PM
mengenai masing-masing keunggulannya.
4. Pemrograman (Programming)
Hal ini ketika pimpinan proyek memakai kaos dengan tulisan
besar “s” di dada. Pimpinan proyek akan membuat semua tugas pemrograman dan
memecahkan banyak masalah yang tidak dapat dipecahkan oleh programmer. Ia harus
menyetului sebuah rancangan program, tes rancangan, kode dan dokumentasi user
dan meyakinkan pengaruh programmer program jika diperlukan. Program yang
panjarg atau rumit dapat ditugaskan kepada seorang programmer yang mana dibantu
oleh pimpinan proyek.
5. Sistem Tes (System
Tes)
Penggabungan dan tes akhir dari produk merupakan
seluruh tanggungjawab dari seorang
pimpinan proyek. Ia merencanakan penggabungan/pengontrolan, menjaga hasilnya
dan tetap mempertahankan informasiyang ada kepada PM, diharapkan sesering
mungkin.
6. Penerimaan(Acceptance)
Seorang pimpinan proyek akan menjalankan aspek kegiatan
teknis dari penerimaan. Ia mungkin akan menulis ATP, melakukan pemeriksaan pada
sistem tes akhir dan melaksanakan ini bagi para user.
7. Operasi (Operation)
Meskipun programmer senior sudah memadai/mencukupi, seorang
pimpinan proyek mungkin memberikan suatu garansi atau menyediakan orang yang
akan menjawab setiap pertanyaan yang dilakukan ditelepon atau bahkan melakukan
kegiatan latihan untuk user.
Seorang project manager adalah project manger yang mempunyai
kemampuan di lapangan, dan diatas kertas, kemampuan dlam memimpin timproyek.
Seorang project manager yang sukses juga harus menguasai proses manajemen
proyek, kemampuan dalam mengaplikasi teknologi, mempunyai interpersonal dan
behavioral skill. (Willy)
10 tokoh teknologi informasi indonesia
Sebenarnya Indonesia mempunyai banyak tokoh – tokoh TI yang
kualitasnya tak kalah dengan tokoh – tokoh dari luar negeri.kadang kita juga
tidak menyadari betapa besarnya sumbangsih mereka untuk mereka. sekaligus
memberi bantahan terhadap “10 Tokoh Teknologi Indonesia 2009″ versi majalah
“tech life” yang menurut saya hanyalah penghargaan di bidang industri saja.
penilaian saya ini berdasarkan atas 3 hal, yaitu kepakaran sebesar 30%,
sumbangsih bagi bangsa sebesar 30%, dan popularitas sebesar 30%. semua
pengamatan saya lakukan sendiri. hanya keterangan tentang tokoh yang saya ambil
dari berbagai sumber. berikut ini daftarnya
1. Onno W. Purbo
Onno Widodo Purbo (lahir di Bandung, Jawa Barat, 17 Agustus
1962; umur 47 tahun) adalah seorang tokoh (yang kemudian lebih dikenal sebagai
pakar di bidang) teknologi informasi asal Indonesia.Ia memulai pendidikan
akademis di ITB pada jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981. Enam tahun
kemudian ia lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi
ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME. RT/RW-Net adalah salah satu dari sekian
banyak gagasan yang dilontarkan. Ia juga aktif menulis dalam bidang teknologi
informasi media, seminar, konferensi nasional maupun internasional. Percaya
filosofi copyleft, banyak tulisannya dipublikasi secara gratis di internet.
2. I Made Wiryana
Setelah melakukan riset panjang selama 10 tahun, akhirnya I
Made Wiryana merampungkan disertasinya yang berjudul “A Sustainable Development
System Method with Applications” dan mengajukannya dalam sidang terbuka Doktor
di Universitas Bielefeld, Jerman (23/7). Topik yang dikembangkan salah satu
tokoh Linux Indonesia ini melibatkan proyek-proyek nyata sesuai dengan setting
Indonesia.Risetnya sendiri, papar Made, dimulai dari rasa penarasan yang
melibatkan mengapa banyak proyek teknologi informasi dan teknologi (TIK) di
Indonesia yang menemui kegagalan. Apakah kegagalan ini disebabkan suatu
ketidaktepatan metodologi penelitian termasuk metodologi publikasi yang
digunakan, atau suatu ketidaktepatan cara pandang dalam memecahkan masalah
sistem di Indonesia, misalnya ketidak tepatan proses peniruan model yang
dikembangkan di negara lain, atau juga karena ketidaktepatan dalam melakukan
evaluasi baik atau buruknya suatu sistem?
3. Romi Satrio Wahono
Romi Satria Wahono. Lahir di Madiun, 2 Oktober 1974.
Menyelesaikan pendidikan dasar dan menengah di SD Negeri Sompok 4 dan SMP
Negeri 8 Semarang. Menamatkan SMA di SMA Taruna Nusantara, Magelang pada tahun
1993. Menempuh pendidikan S1, S2, dan S3 (on-leave) di Department of Computer
Science di SaitamaUniversity, Jepang pada tahun 1999, 2001, dan 2004. Mantan
PNS dan peneliti LembagaIlmuPengetahuanIndonesia (LIPI). Cisco certified
instructor lulusan NanyangTechnologicalUniversity (NTU), Singapore. Kompetensi
inti pada bidang Software Engineering, Game Technology, eLearning System,
Network Engineering, dan Knowledge Management. Professional member dari
asosiasi ilmiah ACM (MN: 6680333) dan IEEEComputerSociety.
4. Enda Nasution
Enda Nasution (lahir di Bandung, JawaBarat, 29Juli1975; umur
34 tahun) adalah seorang penulis dan oleh kalangan media massa Indonesia
dijuluki sebagai tokoh blogIndonesia, atau juga “Bapak Blogger Indonesia”
karena cukup banyak muncul di media mainstream untuk mempromosikan penggunaan
Blog. Saat ini, Enda tinggal dan bekerja di Jakarta setelah sebelumnya bekerja
sebagai Internet Marketing Strategist di Bangkok, Thailand (2002-2007)
5. Revo Arka Giri
Soekatno
Revo Arka Giri Soekatno (biasa dipanggil Revo atau Revi;
lahir di Ambon 2 Agustus 1975; umur 34 tahun) adalah salah seorang pendiri
Wikipedia bahasa Indonesia (WBI). Ia menghabiskan waktu masa kecilnya
berpindah-pindah sesuai dengan penempatan kerja ayahnya. Kedua orang tuanya
berasal dari Surakarta, JawaTengah. Revo juga adalah seorang peneliti,
wiraswastawan, dan penulis buku.
6. Bernaridho
hutabarat
15 tahun pengalaman di bidang TI.dengan berbagai peran mulai
dari Project Manager, DBA, Presales, dll. Telah menerbitkan 12 buku (1
Pemrograman , 1 Database, 6 Oracle , 4 SQL Server). Telah menulis beberapa
Blueprints mulai dari Database Integration, Business Intelligence, DRC / BCP,
IP Telephony, dan Enterprise-lebar SPOC Helpdesk. membuat bahasa pemrograman
Nusa. sebuah bahasa pemrograman asli karya anak bangsa. Nusa jauh lebih mudah
digunakan daripada C, C #, C + +, Java, (Visual) BASIC, dan Delphi / Pascal.
Memperoleh Bachelor in Informatics (Software Engineering) dari Institut
Teknologi Bandung, dan Telecom magister dari Universitas Coventry (Inggris
Raya). Memperoleh derajat tertinggi dari Ujian Oracle DBA, di Atlanta, Georgia
(2001), menerima Excellent Achievement Award dari CICC Tokyo Jepang, dan Best
Essay dari Lenovo Singapura (2007)
7. Roy Suryo
Entah anda setuju atau tidak, Roy tetap masuk dalam list
ini. Kanjeng Raden Mas Tumenggung Roy Suryo Notodiprojo atau disingkat KRMT Roy
Suryo Notodiprojo atau lebih dikenal sebagai Roy Suryo (lahir di Yogyakarta,
18Juli1968; umur 41 tahun) adalah seorang pengurus PartaiDemokrat di bidang
Komunikasi dan Informatika. Roy sering menjadi narasumber di berbagai media
massa Indonesia untuk bidang teknologiinformasi, fotografi, dan multimedia. Roy
juga pernah menjadi pembawa acara e-Lifestyle di MetroTV selama lima tahun.
Oleh media massa Indonesia ia sering dijuluki sebagai pakar informatika,
multimedia, dan telematika. dan dari semua tokoh yang telah saya sebutkan
disini. sepertinya Roy lah yang paling terkenal di masyarakat
8. Budiono Darsono
Sebagai Pemimpin Redaksi salah satu News Portal performa
teratas di Indonesia, detik.com, Mr Budiono Darsono adalah pendiri sejati yang
sangat ingin melihat potensi keberhasilan dari usaha dalam bisnis portal
berita. Dengan pengalaman yang luas dalam tanggung jawab Editorial selama
hari-harinya di Tempo, Budiono memahami konsep cepat pengiriman berita terakhir
dan pergi untuk memulai portal berita online sendiri dengan beberapa
teman-temannya.Konsep internet sebagai perpanjangan dari media konvensional
membantu mendorong Detik.com sebagai portal berita online terpanas di
Indonesia.www.detik.com
9. Budi Rahardjo
Budi Rahardjo adalah seorang pendidik dan pengusaha.Dia
adalah seorang dosen di Teknik Elektro, Institut Teknologi Bandung,
Indonesia.Dia adalah pendiri dari beberapa yang berbasis IT perusahaan
start-up.Dia adalah direktur ICT pusat penelitian dan pengembangan di Institut
Teknologi Bandung.Dia telah menyumbang banyak inisiatif yang berkaitan dengan
IT di Indonesia, seperti di.ID domain management, Indonesia Computer Emergency
Response Team / Koordinasi, dan Bandung High Tech Valley. Sebagai seorang IT “selebriti”,
ia memberikan banyak pidato, presentasi, dan ceramah dalam keamanan informasi.
Kepentingan-Nya meliputi keamanan informasi, IC VLSI desain dan verifikasi,
pemrograman komputer, dan sejarah komputasi. Dia memiliki gelar PhD di bidang
Electrical Engineering dari University of Manitoba, Kanada
10. Ruby Alamsyah
Ruby Alamsyah menjadi
narasumber utama di berbagai media massa nasional terkait kejahatan pembobolan
rekening nasabah sejumlah bank melalui ATM. Ruby yang sempat dihadirkan sebagai
saksi ahli di persidangan Antasari Azhar bahkan sempat mempraktekkan cara para
pelaku menguras isi ATM dengan teknologi skimmer.
Steve Jobs
Steven Paul Jobs lahir di San
Francisco, California, Amerika Serikat, 24 Februari 1955 adalah pemimpin
perusahaan Apple Computer bersama Steve Wozniak dan tokoh utama di industri
komputer. Sebagai pendiri (dengan Steve Wozniak) Apple Computer di tahun 1976,
ia mempopulerkan konsep komputer di rumah tangga dengan Apple II. Kemudian, ia
merupakan salah satu orang yang pertama kali menyadari potensi untuk
mengomersialkan antarmuka pengguna grafis (graphical user interface) dan mouse
yang dikembangkan di Palo Alto Research Center perusahaan Xerox, dan kemudian
teknologi ini diterapkannya ke dalam Apple Macintosh.
Jobs juga memimpin Pixar Animation Studios, sebuah perusahaan komputer animasi terkemuka di dunia layar lebar. telah menjadi multi-jutawan sebelum berumur 30 tahun. Dimulai dengan perusahaan NeXT untuk membuat sistem pendidikan dengan harga yang terjangkau, menemukan bahwa menjual software lebih baik dari pada menjual hardware.
Dilahirkan di San Fransisco oleh ibunya Joanne Simpson dan ayahnya Abdulfattah Jandali mahasiswa tamu dari Syria yang kemudian menjadi profesor ilmu politik. Sejak bayi beliau diadopsi Paul dan Clara Jobs dari Mountain View,Santa Clara County California. Orang tua angkat inilah yang memberikan nama Steven Jobs. Orang tua biologisnya kelak menikah dan memberinya adik perempuan bernama Mona Simpson yang kini terkenal sebagai novelis.
Beliau melewati masa SMP dan SMU di Curpetino, Califonia, seringkali setelah jam sekolah mengajar di Hewlett Packard Company di Palo Alto, California. Maka tak heran segera setelah itu ia dan Steve Wozniak segera menjadi pekerja paruh waktu di perusahaan ini. Di tahun 1972, Jobs lulus dari SMA Homestead di Cupertino, California dan diterima di Reed College di Portland, Oregon, tapi dikeluarkan/ drop out setelah satu semester. Tapi ia segera mendaftar ke Reed College, salah satu hal yang dipelajari di sini kaligrafi. "Jika saya tak pernah dikeluarkan dari tempat belajar hanya satu semester mungkin Mac saat ini tak akan memiliki multiple typefaces atau font-font yang proposional," katanya.
Di musim gugur tahun 1974, Jobs kembali ke California dan mulai menghadiri pertemuan "Homebrew Computer Club" dengan Steve Wozniak. Dia dan Wozniak bersama bekerja di Atari Inc., sebuah perusahaan pembuat permainan komputer yang terkenal, dengan jabatan sebagai perancang permainannya. Motivasinya saat itu adalah mengumpulkan uang untuk melakukan perjalanan spiritual ke India.
Jobs kemudian melakukan perjalanan pencerahan spritual ke India bersama temannya di Reed College, Daniel Kottke, yang kemudian hari menjadi pegawai Apple yang pertama. Kembali dari India dia menjadi Buddhist dengan rambut dicukur/gundul dan mengenakan pakaian tradisional India (biksu?). Selama masa ini ia mempraktekkan psychedelics (semacam meditasi, saat itu Jobs sering dianggap aneh, karena berjalan telanjang kaki di atas Salju- ini semacam meditasi kesadaran). Ini adalah dua atau tiga hal yang paling penting dalam hidup yang pernah ia lakukan dalam hidupnya.
Di tahun 1976, Jobs, usia 21, dan Wozniak, 26, mendirikan Apple Computer Co. di garasi milik keluarga Jobs. Komputer pribadi yang diperkenalkan Jobs and Wozniak diberi name Apple I. Komputer itu dijual dengan harga AS$666.66, sebagai referensi terhadap nomor telpon dari Wozniak's Dial-A-Joke machine, yang berakhir dengan -6666.
Di tahun 1977, Jobs dan Wozniak memperkenalkan Apple II, yang menjadi sukses besar di pasaran rumah tangga dan memberi Apple pengaruh besar di industri komputer pribadi yang masih muda. Di tahun 1980, Apple Computer mencatatkan namanya di bursa efek, dan dengan penawaran saham awal yang sukses, ketenaran Jobs bertambah. Tahun itu juga, Apple Computer melepas Apple III, walaupun kesuksesannya tidak sebaik sebelumnya.
Seiring dengan berkembangnya Apple Computer, perusahaan itu
mulai mencari kepemimpinan baru untuk membantu mengatur perkembangan perusahaan
tersebut. Di tahun 1983, Jobs menggaet John Sculley, dari perusahaan
Pepsi-Cola, untuk memimpin Apple Computer, dengan tantangan, "Apakah kamu
mau menjual minuman berkarbon seumur hidupmu, atau maukah kamu mengubah
dunia?" (Do you want to just sell sugared water for the rest of your life,
or do you want to change the world?) Tahun itu juga, Apple juga mengeluarkan
Apple Lisa yang teknologinya tergolong sangat maju pada saat itu tapi gagal
meraih pembeli di pangsa pasar.
Tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Macintosh, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan bukan oleh Apple, seperti di Xerox's PARC, tetapi belum sempat dikomersialkan. Kesuksesan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac, yang bertahan sampai saat ini.
Walaupun Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, Banyak yang menganggap dia sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple.
Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan komputer lagi, NeXT Computer yang seperti Lisa, NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal, kecuali di lingkup riset sains. (Tim Berners-Lee mengembangkan sistem World Wide Web di CERN dengan menggunakan sebuah NeXT workstation.) Namun NeXT membantu memajukan teknologi-teknologi sepert program object-oriented, PostScript, dan perangkat magneto-optical.
Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga AS$402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio.
Dengan pembelian NeXT, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple, terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. Dibawah bimbingan Jobs perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. iMac merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilannya (walaupun iMac juga banyak menggunakan teknologi maju di dalamnya). Sejak saat itu, penampilan yang menarik dan merek yang terkenal telah memberikan keuntungan bagi Apple.
Belakangan ini, Apple mulai mengembangkan sayapnya. Dengan pengenalan iPod alat musik portabel, piranti lunak iTunes, dan iTunes Music Store, perusahaan tersebut melakukan gebrakan di bidang peralatan elektronik pribadi dan musik online. Sambil merangsang inovasi, Jobs juga mengingatkan bawahannya bahwa, "artis tulen membuahkan hasil," (real artists ship) yang maksudnya adalah, menghasilkan karya-karya dengan tepat waktu sama pentingnya dengan inovasi dan produk jitu.
Tahun 1984 menjadi tahun pengenalan Macintosh, komputer pertama yang berhasil dijual ke pasaran dengan menghadirkan fitur antarmuka pengguna grafis. Pengembangan Mac dicetuskan oleh Jef Raskin dan tim tersebut menggunakan teknologi yang sudah dikembangkan bukan oleh Apple, seperti di Xerox's PARC, tetapi belum sempat dikomersialkan. Kesuksesan Macintosh membuat Apple menelantarkan Apple II demi mengembangkan produksi Mac, yang bertahan sampai saat ini.
Walaupun Jobs sangat persuasif dan karismatik bagi Apple, Banyak yang menganggap dia sebagai pemimpin yang gampang berubah pikiran dan beremosi tinggi. Di tahun 1985, setelah banyak menyebabkan masalah kepemimpinan di dalam Apple, Sculley memberhentikan Jobs dari jabatannya dan mengusirnya dari Apple.
Setelah keluar dari Apple, Jobs mendirikan sebuah perusahaan komputer lagi, NeXT Computer yang seperti Lisa, NeXT tergolong sangat maju dalam hal teknologi, tetapi tidak pernah menjadi terkenal, kecuali di lingkup riset sains. (Tim Berners-Lee mengembangkan sistem World Wide Web di CERN dengan menggunakan sebuah NeXT workstation.) Namun NeXT membantu memajukan teknologi-teknologi sepert program object-oriented, PostScript, dan perangkat magneto-optical.
Di tahun 1996, Apple membeli NeXT seharga AS$402 juta, dan membawa Jobs kembali ke perusahaan yang ia dirikan. Di tahun 1997 ia menjadi pemimpin sementara di Apple setelah kepergian Gil Amelio.
Dengan pembelian NeXT, banyak teknologi dari NeXT diterapkan ke dalam produk buatan Apple, terutama NeXTSTEP, yang berkembang menjadi Mac OS X. Dibawah bimbingan Jobs perusahaan tersebut meningkatkan penjualannya setelah memperkenalkan iMac. iMac merupakan komputer pertama yang dijual dengan mengutamakan penampilannya (walaupun iMac juga banyak menggunakan teknologi maju di dalamnya). Sejak saat itu, penampilan yang menarik dan merek yang terkenal telah memberikan keuntungan bagi Apple.
Belakangan ini, Apple mulai mengembangkan sayapnya. Dengan pengenalan iPod alat musik portabel, piranti lunak iTunes, dan iTunes Music Store, perusahaan tersebut melakukan gebrakan di bidang peralatan elektronik pribadi dan musik online. Sambil merangsang inovasi, Jobs juga mengingatkan bawahannya bahwa, "artis tulen membuahkan hasil," (real artists ship) yang maksudnya adalah, menghasilkan karya-karya dengan tepat waktu sama pentingnya dengan inovasi dan produk jitu.
Jobs bekerja di Apple selama beberapa tahun dengan gaji
AS$1/tahun. Karenanya dia tercatat di buku Guinness World Records sebagai
"pemimpin perusahaan dengan gaji terendah" (Lowest Paid Chief
Executive Officer). Setelah Apple mulai meraih laba penjualan kembali,
perusahaan tersebut melepaskan gelarnya sebagai pemimpin sementara. Saat ini
penghasilannya di Apple adalah AS$219 juta, menurut sebuah artikel yang ditulis
di situs Bloomberg di tahun 2003.
Jobs sangat dikagumi karena keahliannya untuk meyakinkan orang dan menjadi salesman unggul, yang sering dijuluki reality distortion field dan hal ini tampak nyata saat ia memberikan keynote speeches di Apple expos. Namun, kegigihannya juga pernah mengundang sial. Kekerasan kepalanya mungkin telah menyebabkan Apple kehilangan kesempatan emas untuk menjadi pemimpin di bidang komputer pribadi. Keenganannya untuk membiarkan perusahaan lain membuat komputer yang kompatible dengan Macintosh mengakibatkan Apple harus menelan kekalahan dalam merebut pengguna komputer yang ada. Perusahaan piranti keras dan lunak akhirnya memutuskan untuk mengadopsi platform IBM PC yang menggunakan sistem operasi buatan Microsoft. Microsoft kemudian juga mengejar ketinggalannya dari Apple dengan mengembangkan antarmuka pengguna grafis buatan mereka sendiri, Microsoft Windows.
Di tahun 1986 Jobs mendirikan (bersama Edwin Catmull) Pixar, sebuah studio animasi komputer di Emeryville, California. Perusahaan itu didirikan dari apa yang dahulunya divisi grafik komputer milik Lucasfilm, yang Jobs beli dari pendirinya, George Lucas, sebesar AS$10 juta. Satu dekade kemudian, Pixar berkembang menjadi terkenal dan berhasil dengan film terobosannya Toy Story. Sejak saat itu Pixar sudah membuahkan film-film yang memenangkan Academy Award yaitu Finding Nemo dan The Incredibles. Karena kepemimpinannya di Pixar dan juga kemapanannya di Apple, Jobs dianggap oleh banyak pengamat industri hiburan salah satu calon pengganti Michael Eisner sebagai pemimpin dari The Walt Disney Company, yang mendistribusikan dan mendanai film-film buatan Pixar.
Pada tanggal 25 agustus 2011, Pendiri sekaligus presiden (CEO) Apple Inc,, Steven Paul Jobs akhirnya resmi memutuskan untuk mengundurkan diri. Tetapi dirinya masih dikenang oleh masyarakat dunia karena karya - karyanya. Mulai tahun 1976 ia mengeluarkan Apples l. Karya - karyanya terus berkembang sampai terakhir tahun 2010 ia mengeluarkan iPad yang sempat menghebohkan dunia.
Steve Jobs meninggal pada usia 56 tahun. Setelah bergulat dengan kanker pangkreas yang telah mengerogoti tubuhnya selama beberapa tahun terakhir. Berita “Steve Jobs meninggal” ini diumumkan oleh pimpinan Apple pada rabu malam 5 Oktober 2011. Ikon Lembah Silikon ini dikenang atas jasanya menghibur dunia dengan iPod iPhone dan yang terakhir adalah iPad. Agustus lalu, dia baru saja menyerahkan posisi CEO kepada Tim Cook. Steve Jobs sendiri dikenal sebagai legenda di Apple bahkan bisa dibilang maestro teknologi yang paling inovatif abad ini. Slamat jalan sang maestro
Berikut Karya - karya Steve Jobs saat masih memimpin CEO Apple Inc
1. Apple l (1976). Apple l ini merupakan produk pertama dari CEO Apple Inc buatan Steve dan diluncurkan pada tahun 1976.
Jobs sangat dikagumi karena keahliannya untuk meyakinkan orang dan menjadi salesman unggul, yang sering dijuluki reality distortion field dan hal ini tampak nyata saat ia memberikan keynote speeches di Apple expos. Namun, kegigihannya juga pernah mengundang sial. Kekerasan kepalanya mungkin telah menyebabkan Apple kehilangan kesempatan emas untuk menjadi pemimpin di bidang komputer pribadi. Keenganannya untuk membiarkan perusahaan lain membuat komputer yang kompatible dengan Macintosh mengakibatkan Apple harus menelan kekalahan dalam merebut pengguna komputer yang ada. Perusahaan piranti keras dan lunak akhirnya memutuskan untuk mengadopsi platform IBM PC yang menggunakan sistem operasi buatan Microsoft. Microsoft kemudian juga mengejar ketinggalannya dari Apple dengan mengembangkan antarmuka pengguna grafis buatan mereka sendiri, Microsoft Windows.
Di tahun 1986 Jobs mendirikan (bersama Edwin Catmull) Pixar, sebuah studio animasi komputer di Emeryville, California. Perusahaan itu didirikan dari apa yang dahulunya divisi grafik komputer milik Lucasfilm, yang Jobs beli dari pendirinya, George Lucas, sebesar AS$10 juta. Satu dekade kemudian, Pixar berkembang menjadi terkenal dan berhasil dengan film terobosannya Toy Story. Sejak saat itu Pixar sudah membuahkan film-film yang memenangkan Academy Award yaitu Finding Nemo dan The Incredibles. Karena kepemimpinannya di Pixar dan juga kemapanannya di Apple, Jobs dianggap oleh banyak pengamat industri hiburan salah satu calon pengganti Michael Eisner sebagai pemimpin dari The Walt Disney Company, yang mendistribusikan dan mendanai film-film buatan Pixar.
Pada tanggal 25 agustus 2011, Pendiri sekaligus presiden (CEO) Apple Inc,, Steven Paul Jobs akhirnya resmi memutuskan untuk mengundurkan diri. Tetapi dirinya masih dikenang oleh masyarakat dunia karena karya - karyanya. Mulai tahun 1976 ia mengeluarkan Apples l. Karya - karyanya terus berkembang sampai terakhir tahun 2010 ia mengeluarkan iPad yang sempat menghebohkan dunia.
Steve Jobs meninggal pada usia 56 tahun. Setelah bergulat dengan kanker pangkreas yang telah mengerogoti tubuhnya selama beberapa tahun terakhir. Berita “Steve Jobs meninggal” ini diumumkan oleh pimpinan Apple pada rabu malam 5 Oktober 2011. Ikon Lembah Silikon ini dikenang atas jasanya menghibur dunia dengan iPod iPhone dan yang terakhir adalah iPad. Agustus lalu, dia baru saja menyerahkan posisi CEO kepada Tim Cook. Steve Jobs sendiri dikenal sebagai legenda di Apple bahkan bisa dibilang maestro teknologi yang paling inovatif abad ini. Slamat jalan sang maestro
Berikut Karya - karya Steve Jobs saat masih memimpin CEO Apple Inc
1. Apple l (1976). Apple l ini merupakan produk pertama dari CEO Apple Inc buatan Steve dan diluncurkan pada tahun 1976.
2. Apple ll (1977) Steve memperkenalkan Apple
ll ini tahun 1977 sebagai komputer pribadi pertama untuk grafis warna
3. Macintosh (1984) Pada tahun 1984, Macintosh
komersial buatan Steve ini mulai dijual dan dimotori oleh Ridley Scott yang
merupakan pengusaha kaya pada waktu itu.
4. Apple llC (1984), Untuk Apple llC ini,,
Steve Jobs bekerjasama dengan Steve Wonzniak dalam
pembuatannya. Diluncurkan 24 April 1984 dan selang beberapa bulan setelah
pembuatan Macintosh.
5. Macintosh Portable (1989), Ini merupakan
perkembangan dari Macintosh sebelumnya,,
dengan menggunakan layar Portable.
dengan menggunakan layar Portable.
6. Powerbook (1991), Steve berhasil membuat
Powerbook pertama didunia. Untuk pengembangannya sekarang berupa Laptop atau
Notebook.
7. iMac (1998), Diperkenal kan pertama kali
tanggal 7 Mei 1998. iMac ini diplot sebagai inovasi dalam desain komputer
pada saat itu.
8. iPod (2001), iPod ini pertama kali
dikenalkan tahun 2001. Keberadaan iPod terssebut menjadi awal adanya pemutar
media digital.
9. iPhone (2007), iPhone pertama kali
dipasarkan tahun 29 Juni 2007 di AS. Ada beberapa genrasi iPhone dalam
perkembangannya seperti iPhone 3G, 3GS dan 4.
10. iPad (2010), iPad merupakan gadget terbaru
keluaran Apple dan merupakan yang tercanggih. Fungsi utama nya adalah sebagai
e-Book Reader dan fungsi lainnya adalah untuk musik, film dan internetan
layaknya tablet PC .
Referensi :
- http://agniluthfi.com/index.php?option=com_content&view=article&id=93:steve-jobs-pendiri-apple-computer&catid=51:biografi&Itemid=75
- http://yapono.wordpress.com/2008/06/07/steve-jobs-pendiri-microsoft/
- http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10293381
- http://merahitam.com/steve-jobs-meninggal.html
- http://agniluthfi.com/index.php?option=com_content&view=article&id=93:steve-jobs-pendiri-apple-computer&catid=51:biografi&Itemid=75
- http://yapono.wordpress.com/2008/06/07/steve-jobs-pendiri-microsoft/
- http://www.kaskus.us/showthread.php?t=10293381
- http://merahitam.com/steve-jobs-meninggal.html
Daftar Pustaka :
•
http://inet.detik.com/
•
http://duniabaca.com/pengertian-etika-dan-macam-macamnya.html
•
http://www.septianbudi.com/berita-110-pengertian-etika-dan-profesionalisme-dalam-teknologi-sistem-informasi.html
• http://ribhy.ini-aja.com/ep-tsi-2011/etika-dan-profesionalisme-it/
• http://www.indovetleadership.com/?p=63
•
http://baletraining.com/artikel-training-bale/236-mengapa-project-management-begitu-penting.html
• Kleim R.L, Ludin I.R (1998), Project Management Practitioner’s
Handbooks, McGraw-Hill
• Hall. E, Johnson. J (2002), Integrated Project Management,
Prentice Hall
• Heerkens. G (2002), Project Management, McGraw-Hill
• sumber:
http://goo.gl/zomOU
Tidak ada komentar:
Posting Komentar